Mengenal Ray Kroc yang Membuat McDonald's Menjadi Produk Global

Di konten sebelumnya, kita sudah membahas mengenai tahun-tahun awal McDonald's bersama Dick dan Mac McDonald sebagai pendiri yang membuat McD menjadi salah satu restoran paling popular di AS. Namun, nyatanya McD menjadi produk global justru karena seorang sales mesin pembuat milkshake yang memiliki visi kedepan dan otak kapitalisme yang lebih tokcer ketimbang McDonald bersaudara.
Bagaimanakah kisah "The Founder" ini?
Dari Salesman Menjadi Franchiser McD
Terlahir dari keluarga imigran asal Ceko di Chicago pada tahun 1902, Raymond Albert Kroc menggeluti beberapa pekerjaan sebelum akhirnya bekerja sebagai salesman yang menjual mesin pembuat milkshake. Suatu hari, ia mendapat orderan dari sebuah restoran yang memesan 8 mesin sekaligus di wilayah San Benardino, California bernama McDonald's. Melihat potensi besar dari restoran ini di masa depan ketika ia berkunjung pada tahun 1954, Kroc kemudian menemui McDonald bersaudara selaku pemilik dan menawarkan diri menjadi master franchise. Karena persaman ide dimana kualitas makanan harus tetap terjaga. McDonald's bersaudara memberikan izin bagi Ray Kroc untuk membuka beberapa gerai dan yang pertama di Des Plaines, Illinois.
Perselisihan dan Pemilik Baru McD
Namun, Kroc tidak puas dengan hanya menjadi pemilik franchise saja. Ia kemudian mendirikan perusahaan McDonald's System Inc pada tahun 1955 sebagai model percontohan bagi seluruh franchise milik Kroc dan McDoanld's Franchise Realty Corporation yang berfungsi untuk membeli tanah untuk didirikan gerai McDonald's dan menyewakan pada siapapun yang ingin mengambil franchise McD. Hasilnya franchise McD milik Ray Kroc tersebar hingga 100 outlet di USA pada tahun1959. Hal ini ternyata membuat McDonald bersaudara yang punya pemikiran konservatif dan lebih suka main aman berang dan ketiganya akhirnya berselisih. Kroc, yang merasa jengah keduanya telah menahan ide dan visinya akhirnya memutuskan menggadaikan rumahnya dan menggunakan uang $ 2,7 Juta hasil gadainnya untuk membeli seluruh hak pengelolaan dari McD pada tahun 1961.
Adaptasi Kunci Mendunia
Setelah mengambil alih McDonald bersaudara, Kroc kemudian memulai misinya menjadikan McD sebagai brand global. Ia kemudian memperkenalkan ruang makan bagi McD pada tahun 1968 setelah popularitas sistem drive in menurun dan pesaing seperti Burger King sudah membuat sistem dine in. Dalam bisnisnya, Kroc juga mempertimbangkan terobosan-terobosan dari para franchisernya seperti sistem Drive Thru yang diperkenalkan franchise di Arizona pada tahun 1972 dan menu andalan mereka hingga sekarang Big Mac yang dibuat digerai Pittsburg. Sistem adopsi ini hingga sekarang masih dilakukan oleh McD dimana jika satu cabang memberikan terobosan maka akan dipakai seluruhnya. Seperti McCafe dan sarapan yang pertama muncul di Gerai Australia.


Merambah Pasar Anak-Anak
Kroc kemudian sadar bahwa meski tak memiliki daya beli, anak-anak juga merupakan pasar potensial terbesar bagi McD karena mereka merupakan penentu bagi orang tua mereka dimana mereka akan makan. Oleh karena itu, karena tahu anak-anak akan memilih tempat yang nyaman untuk mereka, ia menciptakan maskot Ronald McDonald pada tahun 1963 sebagai bagian dari kampanye untuk menarik pasar anak-anak disusul dengan karakter lainnya beberapa tahun kemudian. Arena bermain kemudian ditambahkan setelah kesuksesan dari gerai di Chula Vista yang memperkenalkan untuk pertama kalinya. Hingga kemudian, melihat anak-anak tak bisa menghabiskan makanan porsi orang dewasa. Happy Meal diluncurkan pada tahun 1979 untuk memberikan porsi pas pada anak-anak sekaligus bonus mainan (hayo, siapa dulu yang merengek minta dibeliin Happy Meal?).
Mengglobalnya Mekdi
Ray Kroc wafat pada 14 Januari 1984 dan ketika ia wafat, McDonald's sudah mempunyai 6.000 cabang di USA. Namun, McD tidak berhenti ketika kematiannya. Olimpiade 1984 di Los Angeles menjadi ajang McD memperkenalkan diri pada dunia dimana mereka melakukan promosi secara gencar dan juga dinikmati oleh seluruh atlit dari luar USA dan McD yang awalnya berdiri di 27 negara seperti Kanada, Jepang, Belanda, dan Australia berhasil merambah pasar negara komunis seperti Rusia dan Tiongkok pada tahun 1990. McDonald's Indonesia sendiri juga berdiri juga pada tahun 1991 di Sarinah, Jakarta. McD juga sering mengeluarkan menu dengan "kearifan lokal" seperti burger rendang di Indonesia atau McKielbasa di Polandia untuk beradaptasi dengan negara-negara tempat gerai dibuka. Kini secara global ada 38 ribu gerai di 100 negara.

Komentar